Review Yamaha Mio Z

Desain dan Dimensi

Desain ramping dengan berat ringan membuat motor matic Yamaha Mio Z lebih lincah saat dikendarai. Nah untuk dimensi keluruhan motor ini memiliki ukuran panjang 1870 mm, lebar 685 mm, dan tingginya 1035 mm. Desainnya memang terlihat sangat mirip dengan Yamaha Mio M3, karena motor ini dibuat dengan basis sama persi seperti Mio M3. Walaupun begitu, motor ini tetap nyaman dikendarai karena berat keseluruhannya hanya 94 kg, dan memiliki tangki bahan bakar yang bisa menampung bensin hingga 4.2 liter. Sedangkan untuk tinggi tempat duduknya berjara 750 mm.

Yamaha hanya menyediakan 2 varian warna, yaitu warna hitam dan warna putih. Kedua warna tersebut tampil stylish dengan perpaduan warna streping berwarna merah. Kemudian pada bagian depan, sudah ada lampu Headlamp berteknologi LED yang siap menerangi perjalanan di malam hari. Tak ketinggalan lampu sein dengan desain meruncing juga menghiasi sisi depan motor ini. Lalu pada bagian belakang, telah terpasang behel berbentuk huruf “M” yang tampak elegan dengan bagian buritan yang didesain modern. Selain itu, Yamaha Mio Z juga memiliki bagasi luas untuk menyimpan barang bawaan.

Performa Mesin

Sebanding dengan harga Yamaha Mio Z, motor matic ini dilengkapi mesin SOHC satu silinder dengan kapasitas 125cc, dan dilengkapi sistem pendingin udara. Yang menarik dari mesin tersebut ialah dilengkapi teknologi Blue Core dan sistem pembakaran fuel injection. Alhasil mesin Yamaha Mio Z lebih irit dan ramah lingkungan, karena sudah memenuhi standar emisi euro 3. Bahkan mesinnya diklaim lebih efesien dan hemat BBM sampai 50% dibandingkan mesin Matic pada generasi terdahulu.

Selain irit, mesin berteknologi Blue Core juga lebih bertenaga. Pasalnya, teknologi tersebut mampu meminimalisir gesekan pada mesin sehingga suhu mesin akan lebih stabil. Lebih hebatnya lagi, mesin Yamaha Mio Z mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 7.0 kw pada putaran mesin 8.000rpm. Sedangkan torsinya mencapai 9.6 nm pada putaran 5.500 rpm. Tak hanya itu, performa Yamaha Mio Z juga didukung oleh teknologi Forged Piston dan DiAsilin Cylinder yang membuat mesin semakin handal dan dapat berlari lebih cepat.

Berbicara mengenai keiritan mesin, kabarnya Yamaha Mio Z hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menepuh jarak 50 KM. Berbekal mesin irit nan bertenaga, pastinya motor ini mampu bersaing melawan motor matic buatan Suzuki ataupun Honda yang notabennya merupakan rival abadi Yamaha. Tak hanya itu saja, untuk menambah daya saing motor ini, Yamaha juga menyediaakan fitur Eco Indicator yang membantu untuk bekendara lebih efesien dan aman.

yamaha-mio-z-hitam

Suspensi dan Kaki-Kaki

Seperti yang kami sampaikan diatas, yang membedakan Yamaha Mio Z dan Yamaha Mio M3 adalah ukuran ban-nya. Dimana motor ini memiliki ukuran ban lebih besar, dengan ban depan berukuran 80/80-14M/C, dan ban belakang 100/70-14M/C. Sebagai pembanding, Yamaha Mio M3 memiliki ban depan 70/90-14M/C dan ban belakang 80/90-14M/C. Dengan ban berukuran lebih besar, pastinya Yamaha Mio Z akan lebih nyaman dikendarai, karena daya cengkramnya lebih besar dan lebih stabil saat dibawa melewati kerasnya aspal jalan raya.

Rangka yang dipakai motor matic ini bertipe Underbone dan didukung suspensi depan Teleskopik, serta suspensi belakang yang memakai Unit Swing. Selanjutnya untuk sistem pengeremannya, mengandalkan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Sama seperti motor matic pada umumnya, Yamaha Mio Z juga dibekali sistem transmisi V-Belt Automatic yang harus sobat otomotif rawat baik-baik, karena menjadi bagian paling vital dari motor ini. Selain itu, tersedia pula sistem pengapian TCI dan busi bertipe NGK/CR6HSA.

Fitur

Selanjutnya untuk segi fitur. Seperti yang kami singgung diatas, Yamaha Mio Z menawarkan teknologi Blue Core dan sistem pembakaran full injeksi. Namun bukan itu saja fitur yang menjadi andalan motor matic ini, karena masih ada fitur kunci multifungsi yang bisa kita gunakan untuk menyalakan motor, membuka bagasi dan mengunci motor. Fitur tersebut sebelumnya juga dimiliki Yamaha Nmax yang notabennya dibanderol lebih mahal dibandingkan harga Yamaha Mio Z.

harga-yamaha-mio-z-terbaru

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s